SELAMAT DATANG DI BLOG NZ_ELFATH'KU

Minggu, 06 Januari 2013

THABAQATU’R-RUWAH




1.      Ta’rif
Para ulama’ membuat ta’rif ilmu thabaqah, ialah :
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنْ كُلِّ جَمَاعَةٍ تَشْتَرِكُ فِىْ أَمْرٍ وَاحِدٍ
“Suatu ilmu pengetahuan yang dalam pokok pembahasannya diarahkan kepada kelompok orang-orang yang berserikat dalam satu alat pengikat yang sama.”
Misalnya, ditinjau dari alat pengikatnya, yaitu perjumpaannya dengan Nabi (shuhbah), para sahabat itu termasuk dalam thabaqah pertama, para tabi’in termasuk dalam thabaqah kedua, para tabi’it-tabi’in termasuk dalam thabaqah ketiga dan seterusnya. Dasar penggolongan yang demikian ini, ialah sabda Rasulullah saw.:
خَيْرُالْقُرُونِ قُرْنِى ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ (رواه البخارى ومسلم)
“Sebaik-baik generasi ialah generasiku, kemudian generasi orang-orang yang mengikutinya dan lalu generasi orang-orang yang mengikutinya lagi.”(Riwayat Bukhary-Muslim)
Obyek yang dijadikan pembahasannya ialah rawi-rawi yang menjadi sanad suatu hadis.
2.      Thabaqatu’s-Shahabah
Yang dimaksud dengan istilah thabaqah disini ialah ibarat sekelompok rawi yang sebaya umurnya bersama-sama mendapat ilmu dari guru-guru mereka. Ditinjau dari segi perjumpaannya dengan Nabi, maka seluruh sahabat itu hanya dianggap dalam satu thabaqah. Tetapi kalau ditinjau dari segi-segi yang lain, misalnya duluan masuk Islam atau banyaknya mengikuti perang atau lain sebagainya, maka mereka mempunyai beberapa thabaqat.
Para muhadditsin memperselisihkan jumlah thabaqat sahabat. Sebagian ulama membagi sahabat itu kepada ilmu thabaqat, sebagian ulama yang lain membaginya menjadi sepuluh thabaqat dan ada pula yang menjadikan mereka duabelas thabaqat bahkan lebih.
Thabaqat-thabaqat shahabah yang duabelas itu, sebagaimana berikut :
Thabaqah pertama      : ialah para sahabat yang terdahulu masuk Islam, seperti Khalifah yang empat dan Bilal bin Abi Rabah.
Thabaqah kedua         : ialah sahabat yang masuk Islam sebelum adanya permusyawaratan orang-orang Qurays di Daru’n-Nadwah, untuk berbuat makar kepada Nabi Muhammad saw. Di kala ‘Umar bin Khatthab r. a. telah menyatakan keislamannya, Nabi membai’at Sa’id bin Zaid dan Sa’ad bin Abi Waqqash di Daru’n-Nadwah tersebut.
Thabaqah ketiga         : ialah mereka yang hijrah ke Habsyi, seperti : Khatib bin ‘Amr bin ‘Abdi’s-Syam, Suhail bin Baidla dan Abu Khudzaifah bin ‘Atabah.
Thabaqah keempat      : ialah sahabat yang menghadiri ‘Aqabah pertama. Seperti : Rafi’ bin Malik, ‘Ubadah bin Shamit dan Sa’ad bin Zararah.
Thabaqah kelima        : ialah mereka yang menghadiri ‘Aqabah kedua, seperti : Barra bin Ma’rur, Jabir bin ‘Abdullah bin Jubair dan lain-lain sebagainya.
Thabaqah keenam       : ialah para muhajirin yang pertama, yakni mereka yang menyusul Nabi di Quba’, sebelum sampai di Madinah, seperti : Ibnu Salamah bin Abi Asad dan ‘Amr bin Rabi’ah.
Thabaqah ketujuh       : ialah mereka yang mengikuti Perang Badar, mereka sebanyak 313 orang, antara lain Sa’ad bin Mu’adz dan Al-Miqdad bin Al-Aswad.
Thabaqah kedelapan   : ialah mereka yang berhijrah ke Madinah setelah Perang Badar dan sebelum Hudaibiyah, seperti : Al-Mughirah bin Syu’bah.
Thabaqah kesembilan : ialah mereka yang menghadiri Bai’atu’r-Ridlwan di Hudaibiyah, seperti : Salamah bin Akwa’, Sinan bin Abi Sinan dan ‘Abdullah bin ‘Amr.
Thabaqah kesepuluh   : ialah mereka yang hijrah setelah perdamaian Hudaibiyah dan sebelum Mekah dikalahkan, seperti : Khalid bin Walid dan ‘Amr bin ‘Ash.
Thabaqah kesebelas    : ialah mereka yang masuk Islam setelah Mekah terkalahkan, seperti : Abu Sufyan dan Hakim bin Hazam.
Thabaqah kedua belas: ialah anak-anak yang melihat Nabi setelah Mekah terkalahkan dan haji wada’, seperti : Sa’id bin Yazid dan ‘Abdullah bin Tsa’labah.

Adapun ulama yg membagi thabaqah shahabah kepada lima thabaqah, tersusun sebagai berikut:
1.      Ahli Badar.
2.      Mereka yang masuk Islam lebih dulu, berhijrah ke Habsyi dan menyaksikan pertemuan-pertemuan sesudahnya.
3.      Mereka yang ikut perang Khandaq.
4.      Wanita-wanita yang masuk Islam, setelah Mekah terkalahkan dan sesudahnya.
5.      Anak-anak.


3.      Thabaqatu’t-tabi’iy
Para ulama memperselisihkan jumlah thabaqat para tabi’in. Imam Muslim menghitung jumlah thabaqat tabi’in ada tiga thabaqat, Ibnu Sa’ad menghitungnya empat thabaqat dan Al-Hakim menghitungnya 15 thabaqat.
Thabaqat pertama dari para tabi’in, ialah tabi’iy yang berjumpa dengan 10 orang sahabat, yang digembirakan dengan jaminan surga.[1]
Satu-satunya tabi’iy yang berjumpa dengan 10 sahabat ahli surga itu ialah Qais bin Abi Hazim. Ibnu’s-Shalah berkata bahwa Qais mendengar hadits dari 10 sahabat ahli surge tersebut dan meriwayatkannya. Tidak seorang pun tabi’in yang meriwayatkan hadits dari 10 sahabat ahli surge, selain ia sendiri.
Menurut Hakim Abu ‘Abdullah An-Nisabury, selain Qais masih banyak tabi’iy yang meriwayatkan dari sahabat sepuluh, seperti ‘Utsman an-Nahdy, Qais bin Ubbad, Husain bin Al-Mundzir, Abi Wa’il dan Ibnu’l-Musayyab. Untuk yang terakhir ini banyak mendapat tantangan, disebabkan Ibnu’l-Musayyab itu baru dilahirkan pada waktu Khalifah ‘Umar bin Khaththab r. a. menjabat Khalifah.
Dengan demikian sudah barang tentu ia tidak pernah bertemu dengan sahabat sepuluh yang telah wafat sebelum penobatan ‘Umar bin Khaththab r. a.
Thabaqat terakhir, ialah mereka yang berjumpa dengan Anas bin Malik r. a., untuk mereka yang berdiam di Basrah, bertemu dengan Saib bin Yazid bagi mereka yang bertempat tinggal di Medinah, berjumpa dengan Abu Umamah bin ‘Ajlan Al-Bahily bagi mereka yang berdiam di Syam, bertemu dengan ‘Abdullah bin Abi Aufa bagi mereka berdiam di Hijaz dan berjumpa dengan Abu Thufail bagi mereka yang berdiam di Mekah.
4.      Faedah mempelajari Thabaqat
Faedah mengetahui thabaqat sahabat dan tabi’in ialah untuk mengetahui ke-muttashil-an atau ke-mursal-an suatu hadis. Sebab suatu hadis tidak dapat ditentukan sebagai hadis muttashil atau mursal, kalau tidak diketahui apakah tabi’iy yang meriwayatkan hadis dari shahaby itu hidup segenerasi atau tidak. Kalau seorang tabi’iy itu tidak pernah hidup segenerasi dengan shahaby, sudah barang tentu hadis yang diriwayatkannya tidak muttashil, atau apa yang didakwakan sebagai sabda atau perbuatan Nabi itu adalah mursal.
5.      Kitab-kitab Thabaqat
a.       At-Thabaqatu’l-Kubra karya Muhammad bin Sa’ad bin Mani’ Al-Hafidh Katib Al-Waqidy (168-230 H)
b.      Thabaqatu’r-Ruwah karya Al-Hafizh Abu ‘Amr Khalifah bin Khayyath Asy-Syaibani (240 H)
c.       Thabaqatu’t-Tabi’in karya Imam Muslim bin Hajjaj Al-Qusyairy (204-261 H)
d.      Thabaqatu’l-Muhadditsin war Ruwah karya Nu’aim Ahmad bin Abdullah bin Ahmad Al-Ashbihany (336-430 H)
e.       Thabaqatu’l-Hufazh karya Al-Hafizh Syamsuddin Adz-Dzahaby (673-748 H)
f.       Thabaqatu’l-Hufazh karya Jalaluddin As-Suyuthy (849-911 H)


*sumber : Mustholah Hadis


[1] Mereka itu adalah Khulafau’r-rasyidin ditambah Sa’ad bin Abi Waqqash, Sa’id bin Zaid, Thalhah bin ‘Abdillah, Zubair bin Awwam, ‘Abdu’r-rahman bin ‘Auf dan ‘Ubaidah bin Jarah